BUAH PINANG - Lentera Kampung
Headlines News :
Home » » BUAH PINANG

BUAH PINANG

Written By LENTERA KAMPUNG on Selasa, 15 April 2014 | 20.16

Lenterkam-Pinangawan,. Saat ini buah pinang menjadi penghasilan tambahan bagi sejumlah masyarakat Kabupaten Solok Selatan, meski harga jualnya sendiri turun naik tidak menentu, namun sebagain masyarakat tetap memanfaatkan sebagai penghasilan tambahan.

Jorong pinang awan adalah salah satu diantara jorong/desa  Kab. Solok Selatan yang memiliki hasil pinang yang sangat tinggi, diperkirakan buah pinang kering yang keluar dari Jorong Pinang awaner minggu berkisar + 1 ton ( 1000 Kg). namun hal ini masih menimbulkan kekecewaan dimasyarakat, mengenai perbandingan pengerjaan dengan harga jual ke pengepul, untuk saat ini harga pinang kering yang diterima petani dari pengepul berkisar + 7.000-7.500/kg, harga tersebut masih tidak sesuai menurut masyarakat . "tangan ini pegel dan sampai lecet mengupasnya", penuturan salah seorang petani yang sedang mengupas buah pinang dari kulitnya.


memang benar sekali, proses pengerjaan buah pinang hingga didapatkan hasil akhir pinang kering memang cukup rumit, pengerjaan dimulai dari pengambilan buah pinang dari pohon dengan ketingian batang + 5-8 meter. setelah itu berlanjut ke proses pembelahan, penjemuran, pencongkelan buah pinang dari kulitnya dan proses akhir penjemuran buah pinang dengan lama penjemuran 2 hari (jika panas matahari memadai).
kesenjangan harga jual dengan proses pengupasan buah pinang tentunya tidak akan rendah jika ada bantuan dari Pemda Solok Selatan, jika pemda atau dinas terkait dapat mengelola/menampung hasil buah pinang dari masyarakat, untuk sekarang saja paling banyak buah pinang kering di oper keluar dari kabupaten Solok Selatan ke Kota padang dan Kota Payakumbuh, jika pemda atau dinas terkait jeli melihat hal ini, tentunya ini bisa menjadi tambahan pemasukan daerah maupun masyarakat solok selatan
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Lentera Kampung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger